October 04 2022 20:18:23
Login
Username

Password



Lupa password?
Minta Password Baru disini.
Program Studi
Teknologi Listrik (D3)
Teknologi Telekomunikasi (D3)
Teknologi Elektronika (D3)
Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol (D4)
Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (D4)
Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi (D4)
Laboratorium
Elektronika Analog
Elektronika Digital
Pengukuran Listrik
Pemrograman Dasar & Pemodelan Simulasi
Mesin-Mesin Listrik & ELDA
Proteksi & Distribusi
Pengukuran Berbasis Multimedia
Desain & Fabrikasi Elektronika
HF & Propagasi
Sinyal & Sistem
Microprosesor & Interface
Jaringan Telekomunikasi
Jaringan Komputer
Instrumentasi & Sistem Kendali
Sistem Robotik
Teknologi Mekanik & Inst. Listrik Rumah
Teknologi Instalasi Gedung & Mesin Listrik
Teknologi Elektronika
Teknologi Perawatan & Tegangan Menengah
Telemetri
Kendali Proses Industri
Pembangkit
Transmisi
10 Tautan Web Teratas
  1. ARJUNA (6176)
  2. SINTA (3954)
  3. RistekDikti (3852)
  4. Bidikmisi (3070)
  5. PDPT RistekDikti (2795)
  6. Portal PNL (2364)
  7. PMDK (2363)
  8. BAN PT (2342)
  9. SIA (1895)
  10. UMPN (1512)
Kontak

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Gedung Jurusan Teknik Elektro,
Lantai 1, Ruang Sekjur
Jl. B. Aceh-Medan,KM 280,3
Buketrata, Lhokseumawe,
24311

Denah

Lihat Denah Gedung dan Ruang Kuliah Jurusan Teknik Elektro

Selamat Datang di Jurusan Teknik Elektro

Ketua Jurusan Teknik Elektro mewakili seluruh civitas akademika Jurusan Teknik Elektro mengucapkan selamat datang di laman Jurusan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro mulai dibuka pada tahun 1988 dengan Program Studinya pada waktu itu adalah Program Studi Teknik Listrik.  Seiring berjalannya waktu, hingga saat ini Jurusan Teknik Elektro sudah memiliki 6 Program Studi. Jenjang Diploma III terdiri dari 3 Program Studi : Program Studi Teknologi Listrik, Teknologi Telekomunikasi, Teknologi Elektronika, dan jenjang Diploma IV memiliki 3 Program Studi: Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi, dan Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi. Dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar, Jurusan Teknik Elektro saat ini didukung oleh 64 orang Dosen Tetap, dan sejumlah Dosen Tidak Tetap, serta 30 orang Tenaga Kependidikan. Selain itu juga, saat ini Jurusan Teknik Elektro dalam mendukung Proses Belajar Mengajar sudah memiliki 23 Laboratorium.



Yassir, S.T.,M.Eng.
Ketua Jurusan
Jadwal Kuliah Semester Ganjil TA 2022/2023
Jadwal Kuliah
btm-left.pngbtm-right.png
Di Hadapan Tim Robot, Wadir 1 PNL Optimis Raih Hasil Terbaik di KRI 2022
Berita

Lhokseumawe - Team POLYROBOCOM_05 Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) secara resmi dilepas untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 tingkat nasional yang dilaksanakan secara luring di Institut Teknologi Sepuluh Nopember-Surabaya (ITS) yang akan dilaksanakan pada 27 Juni s/d 4 Juli 2022 mendatang.

Tim POLYROBOCOM_05 PNL dilepas langsung oleh Wakil Direktur 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni PNL Ir. Zamzami, S.T., M.Eng., Jum'at (24/06/2022) siang.

Gambar 1. Tim POLYROBOCOM_05 PNL dilepas langsung oleh Wakil Direktur 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni PNL Ir. Zamzami, S.T., M.Eng. (sebelah kanan)

Dalam kesempatan tersebut, Zamzami mengapresiasi apa yang telah dilakukan tahapan demi tahapan oleh para mahasiswa, dosen dan unsur yang terlibat dalam mempersiapkan kedua team terbaik PNL untuk berlaga di KRI Tahun ini. Ia berpesan agar tim harus solid dan selalu menjaga nama baik almamater PNL dan tetap menjaga sportivitas dalam berkompetisi di ajang nasional ini.

“Tentunya ini capaian yang telah di raih sejauh ini merupakan usaha kita bersama dan harapan saya kedua team PNL harus selalu optimis mendapatkan hasil yang terbaik di ITS."ujarnya.

Sebagai informasi, adapun team beranggotakan sebagai berikut Muhammad Raju yang merupakan Ketua Tim POLYROBOCOM_05, yang beranggotakan Sirajuddin, Muhammad Akbar Syauqi, Rian Amada, M. Fadhlul Qiram, dan Muhammad Mufhadhal.

Gambar 2. Tim POLYROBOCOM_05 PNL

Dalam kesempatan pelepasan tersebut turut hadir juga Ketua Jurusan Teknik Elektro Yassir, ST., M.Eng beserta Pembina Polyrobocom Salahuddin, SST., MT, Fadhli, ST. dan mahasiswa yang siap berkompetisi di ITS nantinya.

Gambar 3. Turut hadir Ketua Jurusan Teknik Elektro Yassir, ST., M.Eng beserta Pembina Polyrobocom Salahuddin, SST., MT, dan Fadhli, ST (sebelah kanan)

btm-left.pngbtm-right.png
Jadwal Ujian Akhir Semester Genap 2021/2022
Jadwal UAS

Jadwal Ujian Akhir Semester Genap

Tahun Akademik 2021/2022

 

Jadwal ujian akhir semester Tahun Akademik 2021/2022 dapat didownload disini. 

btm-left.pngbtm-right.png
Tim Polyrobocom PNL menuju Final KRI tahun 2022
Berita

Lhokseumawe -  Tim Robot Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 yang dilaksanakan secara daring dan luring. Informasi ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Salahuddin, S.ST., MT POLYROBOCOM_05 pada Selasa, (14/06/2022).

"Kontes robot KRI tingkat wilayah dilakukan daring di masing-masing perguruan tinggi, dan sekarang kita sudah mengikuti kontes robot tingkat wilayah 1 di Aula Asrama Mahasiswa PNL, selanjutnya setelah pengumuman pada hari ini, maka pada 29 Juni sampai 3 Juli 2022 akan diadakan tingkat nasional secara luring di Institut Teknologi Surabaya (ITS)," terang Salahuddin.

Menurut Salahuddin yang didampingi Wakilnya Fadhli, ST serta Muhammad Nasir, ST., MT. Team Polyrobocom PNL mengikuti dua divisi, yakni Divisi Robot ABU Indonesia (KRAI) dengan nama team POLYROBOCOM_05 yang dibimbing Bakhtiar, ST.,MT dan  Divisi Robot SAR Indonesia (KRSRI) dengan Nama Team RAMBIDEUEN_04 dibimbing Yusman, ST.,MT.

polyrobocom_05

Hari Kedua Kontes robot tanggal 10 Juni 2022 yang dilaksanakan di Asrama PNL, Polyrobocom_05 meraih Score 45 dibanding pada hari pertama hanya mendapat score 25. Dengan mendapatkan score hari kedua berarti Polyrobocom_05 mengumpulkan Score 70 untuk Kontes KRI 2022 untuk Wilayah 1, dan kita mendapatkan urutan ke 8 dari 22 peserta untuk wilayah 1, team yang akan diundang ke tingkat Nasional KRI 2022 di ITS Surabaya akan diambil sampai urutan ke 12, dan team Polyrobocom_05 termasuk didalamnya. 

Sementara untuk Team Rambideun_04 yang melaksanakan Kontes di Lab Robotika PNL, pada hari kedua mendapatkan Score 100 Dibanding dengan hari Pertama mendapatkan Score 50, berarti dari hasil yang didapat, team Rambideun_04 tidak mendapatkan undangan untuk mengikuti Kontes Robot secara Luring di ITS Surabaya dsebabkan urutan yang didapat ada urutan ke 22 dari 47 peserta yang ikut.

rambideuen_04

"Kita berharap tim robot PNL bisa meraih kemenangan dalam ajang KRI 2022 ini. Kegiatan ini diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia adalah dalam rangka menumbuh kembangkan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi," papar Salahuddin.

Adapun mahasiswa PNL yang mengikuti kontes robot itu yakni, Muhammad Raju yang merupakan Ketua Team POLYROBOCOM_05, yang beranggotakan Sirajuddin, Muhammad Akbar Syauqi, Rian Amada, M. Fadhlul Qiram, dan Muhammad Mufhadhal.

Sedangkan yang menjadi Ketua Team RAMBIDEUEN_04 adalah M. Sultan Nizam yang terdiri dari anggota team yaitu, Najiv Rizki, Ramond Syahputra Marpaung.

btm-left.pngbtm-right.png
Pengenalan Teknologi Robotika ke Siswa Sekolah Sukma Bangsa
Berita

Tim Robotika Politeknik Negeri Lhokseumawe
Perkenalkan Teknologi Robotika
pada Siswa Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe
Senin, 21 Maret 2022

Tim Robotika Politeknik Negeri Lhokseumawe mengunjungi Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe dalam rangka memenuhi undangan Pihak sekolah SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe untuk memperkenalkan dunia robotika bagi siswa. Kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran yang dilaksanakan dengan mengundang guru tamu (guest teacher) untuk memberikan materi tentang robotika, kegiatan ini merupakan Adopsi sistem Kurikulum Cambridge di Sekolah Sukma Bangsa.

Robot PNL

Dalam kunjungan ini, Tim Robotika PNL dipimpin langsung oleh Pembina Robotika PNL Salahuddin, S.ST, MT. serta Tim pembimbing robotika PNL Bakhtiar, ST., MT, Yusman, ST, MT dan Fadhli, ST. Dalam kunjungan ini Tim Robotika juga dibantu oleh Tim Mahasiswa Polyrobocom. Rombongan diterima oleh kepala sekolah Sukma Siti Hajar, S.Pd.i., MA didampingi oleh guru Teknologi Informasi Nurfizal, ST langsung menuju Laboratorium Komputer untuk bertemu siswa yang sudah menunggu didalam laboratorium.

Robot PNL

Selain memperkenalkan dasar-dasar robotika, komponen-komponen robot, pemrograman robot serta aplikasi robot dalam membantu meringankan tugas manusia sehari-hari, dalam kegiatan ini Tim Robotika PNL juga mendemostrasikan atraksi beberapa robot diantaranya Robot Line Follower, Robot Wall Follower, Robot Avoid Obstacle, Robot Hexapod Pemadam Api serta Robot Hexapod berbasis LinkIt. Tim juga menunjukkan atraksi robot SAR (Search and Rescue) yang diperlombakan pada Kontes Robot Indonesia tahun 2021.

Robot PNL

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bisa sharing ilmu dan membantu siswa, khususnya Siswa Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe untuk mengenal teknologi robotika serta dapat mengimplementasikan ilmu ini secara nyata,” ujar Bakhtiar, ST. MT sebagai pembimbing Tim Robotik PNL. Menurut Pembimbing, output dari pelaksanaan kegiatan ini dapat terbentuk kegiatan ekstra kurikuler dibidang Robotika Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe yang akan dibimbing langsung oleh Tim Robotika PNL.

Robot PNL

Pihak Sekolah SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini. “Kami sangat berterima kasih kepada Tim Robotika PNL yang telah bersedia memenuhi undangan kami untuk menjadi Guest teacher, harapan kami kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat menjadikan siswa SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe kreatif dan berprestasi dalam bidang teknologi,” ungkap Siti Hajar, S.Pd.I., MA selaku kepala sekolah SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe mewakili Direktur Sekolah Sukma Bangsa Zubir, S.Si. Selain itu, Kepala Sekolah juga berharap agar Tim Robotika PNL bersedia untuk mengisi kegiatan ekstra kurikuler siswa dibidang Robotika. Kepala Sekolah juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe serta dapat ditindak lanjuti untuk penjajakan kerjasama yang lebih dekat lagi dengan pihak Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Robot PNL

btm-left.pngbtm-right.png
"Saweu Sikula" Kunjungan HME ke Sekolah-Sekolah
Berita

"Saweu Sikula"
Kegiatan Kunjungan Himpunan Mahasiswa Elektro
untuk Memperkenalkan Teknik Elektro PNL ke Sekolah-Sekolah

Februari 2022

Pada masa transisi SMA menuju dunia perkuliahan tentunya informasi sangat penting bagi mereka, sehingga siswa siswi dapat memilih dan mengetahui kampus kampus yang cocok dengan minat bakat mereka. Oleh karena itu, Himpunan masiswa Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe berinistiatif mengunjungi sekolah sekolah didalam daerah maupun diluar daerah.

Saweu sikula didalam daerah yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe pada tanggal 27 Januari 2022 di SMA 3 Citra Bangsa Tanah Jambo Aye dan SMKN 1 Tanah Jambo Aye, dan diluar daerah pada tanggal 2 Februari 2022 di SMKN 1 Sigli dan SMAN Unggul Pidie Jaya kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan  Politeknik Negeri Lhokseumawe khususnya Jurusan Teknik Elektro dan menambah pengetahuan siswa siswi bahwa dijurusan teknik elektro ada bermacam prodi serta jalur masuk seleksi. Yaitu prodi T. Listrik, T. Telekomunikasi, T. Elektronika, Otomasi Industri, T  Pembangkit Energi dan T. Jaringan Telekomunikasi.

Bermacam respon positif dari siswa siswi, salah satunya kini mereka tau bahwa dipoliteknik menerapkan kurikulum 70 persen praktek 30 persen teori. Yang didukung 23 laboratorium di jurusan Teknik Elektro. Sehingga lulusan Teknik Elektro akan dibekali dengan skill dan kompetensi yang dibutuhkan dunia industri.
Harapannya dengan adanya saweu sikula ini dapat menambah wawasan siswa siswi tentang Politeknik Negeri Lhokseumawe khususnya Jurusan Teknik Elektro.

sekolah1

sekolah2

sekolah3

sekolah4

btm-left.pngbtm-right.png
Jadwal Kuliah Semester Genap TA 2021/2022
Jadwal Kuliah
btm-left.pngbtm-right.png
Info

SEMESTER GENAP
2021/2022
DIMULAI

 14 FEBRUARI 2022

 SELAMAT BELAJAR

Kalender
October 2022
S S R K J S M
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
e-Jurnal
Jurnal Litek
Jurnal Tektro
Latsar CPNS

Lihat Dokumen

Klik Berkas
Form & Permohonan
Panduan PKL & TA
Pembimbing PA & PKL
Jadwal Seminar & Sidang
Jadwal Tes TOEFL
Wisuda
Kategori
Informasi
9 item
Berita
33 item
P P M
1 item
Bahan Ajar
1 item
Jadwal UAS
10 item
Nama MABA
2 item
Yudisium
5 item
Jadwal HER
2 item
Download Terbaru
Alokasi Penggunaan Laboratorium SMT Ganjil 2022/2023 Alokasi Penggunaan Lab...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTL SMT Ganjil 2022/2023 Jadwal Kuliah PSTL SMT...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTE SMT Ganjil 2022/2023 Jadwal Kuliah PSTE SMT...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTT SMT Ganjil 2022/2023 Jadwal Kuliah PSTT SMT...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTRPE SMT Ganjil 2022/2023 Jadwal Kuliah PSTRPE S...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian