February 26 2024 01:26:39
Login
Username

Password



Lupa password?
Minta Password Baru disini.
Program Studi
Teknologi Listrik (Diploma 3)
Teknologi Telekomunikasi (Diploma 3)
Teknologi Elektronika (Diploma 3)
Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol (Sarjana Terapan)
Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (Sarjana Terapan)
Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi (Sarjana Terapan)
Teknologi Rekayasa Mekatronika (Sarjana Terapan)
Laboratorium
Elektronika Analog
Elektronika Digital
Pengukuran Listrik
Pemrograman Dasar & Pemodelan Simulasi
Mesin-Mesin Listrik & ELDA
Proteksi & Distribusi
Pengukuran Berbasis Multimedia
Desain & Fabrikasi Elektronika
HF & Propagasi
Sinyal & Sistem
Microprosesor & Interface
Jaringan Telekomunikasi
Jaringan Komputer
Instrumentasi & Sistem Kendali
Sistem Robotik
Teknologi Mekanik & Inst. Listrik Rumah
Teknologi Instalasi Gedung & Mesin Listrik
Teknologi Elektronika
Teknologi Perawatan & Tegangan Menengah
Telemetri
Kendali Proses Industri
Pembangkit
Transmisi
Instruksi Kerja Lab.

Lihat Dokumen

10 Tautan Web Teratas
  1. ARJUNA (6705)
  2. RistekDikti (6426)
  3. SINTA (4508)
  4. Bidikmisi (4502)
  5. PDPT RistekDikti (3182)
  6. SIA (2944)
  7. BAN PT (2886)
  8. Portal PNL (2812)
  9. PMDK (2744)
  10. UMPN (1887)
Kontak

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Gedung Jurusan Teknik Elektro,
Lantai 1, Ruang Sekjur
Jl. B. Aceh-Medan,KM 280,3
Buketrata, Lhokseumawe,
24311

Denah

Lihat Denah Gedung dan Ruang Kuliah Jurusan Teknik Elektro

Selamat Datang di Jurusan Teknik Elektro

Ketua Jurusan Teknik Elektro mewakili seluruh civitas akademika Jurusan Teknik Elektro mengucapkan selamat datang di laman Jurusan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro mulai dibuka pada tahun 1988 dengan Program Studinya pada waktu itu adalah Program Studi Teknik Listrik.  Seiring berjalannya waktu, hingga saat ini Jurusan Teknik Elektro sudah memiliki 6 Program Studi. Jenjang Diploma III terdiri dari 3 Program Studi : Program Studi Teknologi Listrik, Teknologi Telekomunikasi, Teknologi Elektronika, dan jenjang Sarjana Terapan memiliki 4 Program Studi: Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi, Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi, dan Teknologi Rekayasa Mekatronika. Dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar, Jurusan Teknik Elektro saat ini didukung oleh 64 orang Dosen Tetap, dan sejumlah Dosen Tidak Tetap, serta 30 orang Tenaga Kependidikan. Selain itu juga, saat ini Jurusan Teknik Elektro dalam mendukung Proses Belajar Mengajar sudah memiliki 23 Laboratorium.



Yassir, S.T.,M.Eng.
Ketua Jurusan
Kunjungan Siswa SMKN 2 Karang Baru Aceh Tamiang ke Lab. Sistem Robotika
Berita

SISWA SMK NEGERI 2 KARANG BARU ACEH TAMIANG
KUNJUNGI LABORATORIUM SISTEM ROBOTIKA JTE-PNL

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe (JTE-PNL) menerima kunjungan siswa dan dewan guru SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang  pada hari Kamis, 22 Februari 2024. Sejumlah 30 siswa siswi dari kelas sepuluh dan sebelas SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang serta 5 guru pembimbing melaksanakan kegiatan studi lapangan ke Laboratorium Sistem Robotika Politeknik Negeri Lhokseumawe untuk melihat fasilitas dan proses belajar serta pembuatan Robot.

Kepala Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika Yusman, S.T.,M.T. mewakili manajemen PNL, didampingi oleh para dosen pembina Robotika PNL menyambut kedatangan para siswa dan guru yang ingin belajar robotika ke Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Beliau mengucapkan terimakasih atas kunjungan ini dan mengatakan bahwa kedatangan siswa SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang sangat tepat ke Politeknik Negeri Lhokseumawe untuk belajar robot karena di kampus ada kegiatan mahasiswa yang khusus tentang robot yaitu Laboratorium Sistem Robotika. Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan banyak hal tentang sejarah dan perkembangan Politeknik Negeri Lhokseumawe sejak berdirinya tahun 1987 sampai saat ini. Beliau juga menyampaikan tentang perkembangan Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika. Program studi ini merupakan program studi sarjana terapan yang baru menerima satu angkatan dan termasuk prodi baru dibuka di PNL untuk menjawab tantangan kebutuhan tenaga ahli dibidang robotika dan kendali sistem.

Selain itu, beliau juga memaparkan bahwa sejak tahun 2004 Tim robotika Politeknik Negeri Lhokseumawe selalu mengikuti kompetisi yang diselenggarakan baik tingkat regional maupun nasional. Tim Robotika Politeknik Negeri Lhokseumawe  merupakan tim yang dipertimbangkan dalam kompetensi skala Regional maupun Nasional serta sering menjuarai berbagai kompetisi, seperti pada tahun 2019 menjadi juara satu KRI divisi KRAI tingkat regional Sumatera dan masuk delapan besar tingkat nasional.

Selanjutnya, Kepala Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika mempersilahkan kepada Para Dosen Pembina Robotika PNL untuk memberi penjelasan dan informasi detail tentang kegiatan Tim Robotika PNL Kepada siswa SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang.

Salahuddin, SST. MT. selaku Ketua Pembina Robotika PNL menjelaskan tentang Profil Program Studi Rekayasa Mekatronika sebagai prodi baru yang sedang melakukan penerimaan mahasiswa pertama tahun 2023 ini,  selanjutnya Ketua Tim Robotika PNL, Bakhtiar, ST.MT dan beberapa mahasiswa Tim Robotika PNL menjelaskan tentang proses pembuatan Robot, memperkenalkan dasar-dasar robotika, komponen-komponen robot, pemrograman robot serta aplikasi robot dalam membantu meringankan tugas manusia sehari-hari.

Dalam kegiatan ini Tim Robotika PNL juga mendemostrasikan atraksi beberapa robot diantaranya Robot Line Follower, Robot Wall Follower, Robot Avoid Obstacle, Robot Hexapod Pemadam Api serta Robot Hexapod berbasis LinkIt. Tim juga menunjukkan atraksi robot SAR (Search and Rescue) yang diperlombakan pada Kontes Robot Indonesia tahun 2021, 2022 dan 2023 serta persiapan tim untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia tahun 2024.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bisa sharing ilmu dan membantu siswa, khususnya siswa Jurusan Mekatronika SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang untuk mengenal teknologi robotika serta dapat mengimplementasikan ilmu ini secara nyata", ujar Bakhtiar, ST. MT sebagai pembimbing Tim Robotik PNL.

Pihak SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas sambutan dari pihak Politeknik Negeri Lhokseumawe. “Kami sangat berterima kasih kepada Tim Robotika PNL yang telah bersedia menerima kunjungan kami untuk melihat dan mempelajari proses pembuatan robot, kami tidak menduga bahwa di PNL ada tersedia fasilitas dan berbagai macam jenis robot yang merupakan karya mahasiswa dan dosen pembina robotika, harapan kami kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat memotivasi siswa jurusan Mekatronika SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang agar lebih kreatif dan berprestasi dalam bidang teknologi robotika.” ungkap Bapak Purwadi mewakili dewan guru SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang.

Pada kesempatan ini, siswa SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang juga melihat dari dekat fasilitas dan simulasi serta cara kerja pneumatik yang tersedia pada Laboratorium Pneumatik dan PLC jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pada akhir kegiatan, Manajamen Jurusan Teknik Elektro serta Tim Pembina Robotika PNL saling bertukar cendera mata dan melakukan sesi foto bersama dengan siswa dan dewan guru SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang.

btm-left.pngbtm-right.png
Jadwal Kuliah Semester Genap TA 2023/2024
Jadwal Kuliah
btm-left.pngbtm-right.png
Saweu Sikula Jurusan Teknik Elektro Tahun 2024
Berita

Saweu Sikula Jurusan Teknik Elektro Tahun 2024

 

Pada tahun 2024, Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe menyelenggarakan kegiatan Saweu Sikula yang berhasil disosialisasikan di beberapa sekolah, termasuk SMA 2 Tanah Jambo Aye, SMK 1 Tanah Jambo Aye, SMK Negeri 2 Takengon, dan SMK 3 Takengon. Saweu Sikula merupakan inisiatif yang bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi mengenai Prodi-prodi yang ada di dalam jurusan Teknik Elektro Dalam kegiatan ini, mahasiswa  dari jurusan tersebut memberikan presentasi, workshop, dan demonstrasi mengenai proyek-proyek inovatif di bidang teknik elektro. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia teknologi secara praktis kepada siswa-siswi, menginspirasi minat mereka dalam bidang ini, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai potensi karir di dunia teknik elektro.

Saweu Sikula tahun 2024 juga menawarkan sesi interaktif di mana siswa-siswi dapat berpartisipasi langsung dalam kegiatan eksperimen dan proyek kecil. Dengan melibatkan sekolah-sekolah di Tanah Jambo Aye dan Takengon, kegiatan ini menciptakan suasana kolaboratif yang memperkuat hubungan antara Politeknik Negeri Lhokseumawe dan komunitas pendidikan setempat. Diharapkan bahwa Saweu Sikula dapat menjadi wahana positif untuk memberdayakan generasi muda dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknik elektro, sekaligus memotivasi mereka untuk mengejar karir berbasis teknologi di masa depan.

sman 2 jambo aye 2024

Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye (Foto Januari 2024)

 

Siswa-Siswi SMKN 1 Tanah Jambo Aye (Foto Januari 2024)

 

Siswa-Siswi SMKN 2 Takengon (Foto Januari 2024)

 

Siswa-Siswi SMKN 3 Takengon (Foto Januari 2024)

btm-left.pngbtm-right.png
Jadwal Ujian Akhir Semester Ganjil 2023-2024
Jadwal UAS

JADWAL DAN PERSYARATAN UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN AKADEMIK 2023/2024

 

JADWAL

1. Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil TA 2023/2024 berlangsung mulai tanggal 27 Desember 2023 s/d 5 Januari 2024.

2. UAS dilaksanakan sesuai dengan Jadwal Ujian yang dikeluarkan oleh Jurusan Teknik Elektro.

3. Mahasiswa yang tidak ada Kartu Ujian, tidak dibenarkan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

4. Input Nilai Akhir Semester ke Siakad mulai tanggal 26 Desember 2023 s/d 9 Januari 2024 oleh dosen Mata Kuliah yang bersangkutan. Nilai akhir semester adalah akumulasi nilai Tugas, Quiz, UTS (Ujian Tengah Semester), dan UAS.

5. Ujian Ulangan (HER) berlangsung mulai tanggal 10-12 Januari 2024, dan dilaksanakan oleh dosen pengasuh Mata Kuliah.

6. Nilai HER diserahkan ke Ka. Prodi oleh Dosen Pengasuh Mata Kuliah mulai tanggal 10 s/d 15 Januari 2024.

7. Rapat Evaluasi Nilai Semester dilaksanakan pada Tanggal 16 Januari 2024.

8. Pengumuman Hasil Ujian Semester tanggal 17 Januari 2024.

 

PERSYARATAN MENGIKUTI UAS

1. Aktif Perkuliahan Semester Ganjil TA  2023-2024 minimal 80% kehadiran.

2. Bebas Kompensasi Semester Ganjil TA 2023/2024.

3. Sudah konsultasi dengan dosen pembimbing akademik minimal 4x (Klik untuk download Form Bimbingan)

4. Memiliki Kartu Ujian. Pengambilan Kartu Ujian mulai Tanggal 20-22 Desember 2023 di Prodi masing-masing.

 

Download Jadwal Ujian Akhir Semester

download



TTD


Kajur Teknik Elektro
=====================
Yassir, S.T., M.Eng.

btm-left.pngbtm-right.png
Finalis Disaster Short Movie (USK Global Award) Tahun 2023
Berita

Finalis Disaster Short Movie (USK Global Award)

24 – 25 November 2023

Selamat kepada Peserta Finalis Disaster Short Movie (USK Global Award), perwakilan dari Politeknik Negeri Lhokseumawe.

1. Raihan Saputra
    Prodi Teknologi Rekayasa Mekatronika
    NIM. 2023213120009

2. Muhammad Agil Al Fatah
    Prodi Teknologi Rekayasa Mekatronika
    NIM. 2023213120004

3. Nibras Abdillah
    Prodi Teknologi Kimia
    NIM. 2023244010009

btm-left.pngbtm-right.png
Kunjungan Siswa SMPIT Azkiya Bireun ke Lab Robotika
Berita

KUNJUNGAN EDUKATIF SISWA SMPIT AZKIYA BIREUEN
KE LAB ROBOTIKA POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

Kamis, 26 Oktober 2023

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe (JTE-PNL) menerima kunjungan siswa SMPIT Azkiya Bireuen pada hari Kamis, 26 Oktober 2023. Sejumlah 50 siswa siswi SMPIT Azkiya Bireuen didampingi 4 guru pembimbing melaksanakan kegiatan studi lapangan ke Laboratorium Sistem Robotika Politeknik Negeri Lhokseumawe untuk melihat fasilitas dan proses belajar serta pembuatan Robot.

Yassir, ST., M.Eng selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro mewakili manajemen PNL, didampingi oleh para dosen pembina Robotika PNL menyambut kedatangan para siswa dan guru yang ingin belajar robotik ke Politeknik Negeri Lhokseumawe. Beliau mengucapkan terimakasih atas kunjungan ini dan mengatakan bahwa kedatangan siswa SMPIT Azkiya Bireuen sangat tepat ke Politeknik Negeri Lhokseumawe untuk belajar robot karena di kampus ada kegiatan mahasiswa yang khusus tentang robot, yaitu Laboratorium Sistem Robotika. Selain itu, beliau juga memaparkan bahwa sejak tahun 2004 Tim robotika Politeknik Negeri Lhokseumawe selalu mengikuti kompetisi yang diselenggarakan baik tingkat regional maupun nasional. Tim Robotika Politeknik Negeri Lhokseumawe  merupakan tim yang dipertimbangkan dalam kompetensi skala Regional maupun Nasional serta sering menjuarai berbagai kompetisi, seperti pada tahun 2019 menjadi juara satu KRI divisi KRAI tingkat regional Sumatera dan masuk delapan besar tingkat nasional.

Salahuddin, SST. MT. selaku Ketua Pembina Robotika PNL menjelaskan tentang Profil Program Studi Rekayasa Mekatronika sebagai prodi baru yang sedang melakukan penerimaan mahasiswa pertama tahun 2023 ini, selanjutnya Ketua Tim Robotika PNL, Bakhtiar, ST.MT dan beberapa mahasiswa Tim Robotika PNL menjelaskan tentang proses pembuatan Robot, memperkenalkan dasar-dasar robotika, komponen-komponen robot, pemrograman robot serta aplikasi robot dalam membantu meringankan tugas manusia sehari-hari.

Dalam kegiatan ini Tim Robotika PNL juga mendemostrasikan atraksi beberapa robot diantaranya Robot Line Follower, Robot Wall Follower, Robot Avoid Obstacle, Robot Hexapod Pemadam Api serta Robot Hexapod berbasis LinkIt. Tim juga menunjukkan atraksi robot SAR (Search and Rescue) yang diperlombakan pada Kontes Robot Indonesia tahun 2021 dan 2022 serta persiapan tim untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia tahun 2023.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bisa sharing ilmu dan membantu siswa, khususnya siswa SMPIT Azkiya Bireuen untuk mengenal teknologi robotika serta dapat mengimplementasikan ilmu ini secara nyata,” ujar Bakhtiar, ST. MT sebagai pembimbing Tim Robotik PNL mengakhiri pernyataanya.

Pada kesempatan ini Pihak SMPIT Azkiya Bireuen juga mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas sambutan dari pihak Politeknik Negeri Lhokseumawe. Mereka berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat memotivasi siswa SMPIT Azkiya Bireuen agar lebih kreatif dan berprestasi dalam bidang teknologi robotika.

btm-left.pngbtm-right.png
Kuliah Umum Jurusan Teknik Elektro
Berita

KULIAH UMUM JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

POLITEKNIK NEGERI LHKOSEUMAWE

OKTOBER 2023

 

Kuliah Umum Jurusan Teknik Elektro 2023

btm-left.pngbtm-right.png
Info

PERKULIAHAN SMT GENAP
2023/2024

DIMULAI

 19 FEBRUARI 2024

 SELAMAT BELAJAR

Kalender
February 2024
S S R K J S M
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29
e-Jurnal
Jurnal Litek
Jurnal Tektro
Latsar CPNS

Lihat Dokumen

Klik Berkas
Form & Permohonan
Panduan PKL & TA
Pembimbing PA & PKL
Jadwal Seminar & Sidang
Jadwal Tes TOEFL
Wisuda
Kategori
Informasi
10 item
Berita
52 item
P P M
1 item
Bahan Ajar
1 item
Jadwal UAS
13 item
Nama MABA
2 item
Yudisium
6 item
Jadwal HER
2 item
Download Terbaru
Jadwal Kuliah PSTRMT Genap 2023-2024 Jadwal Kuliah PSTRMT G...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTRIK Genap 2023-2024 Jadwal Kuliah PSTRIK G...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTRPE Genap 2023-2024 Jadwal Kuliah PSTRPE G...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTRJT Genap 2023-2024 Jadwal Kuliah PSTRJT G...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTE Genap 2023-2024 Jadwal Kuliah PSTE Gen...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
togel online tototogel tototogel slot jepang slot gacor togel online togel online data sydney togel online kingcobratoto togel online slot demo pragmatic slot 88