November 27 2021 21:50:37
Login
Username

Password



Lupa password?
Minta Password Baru disini.
Program Studi
Teknologi Listrik (D3)
Teknologi Telekomunikasi (D3)
Teknologi Elektronika (D3)
Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol (D4)
Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (D4)
Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi (D4)
Laboratorium
Elektronika Analog
Elektronika Digital
Pengukuran Listrik
Pemrograman Dasar & Pemodelan Simulasi
Mesin-Mesin Listrik & ELDA
Proteksi & Distribusi Elektro
Pengukuran Berbasis Multimedia
Desain & Fabrikasi Elektronika
HF & Propagasi
Sinyal & Sistem
Microprosesor & Interface
Jaringan Telekomunikasi
Jaringan Komputer
Instrumentasi & Sistem Kendali
Sistem Robotik
Teknologi Mekanik & Inst. Listrik Rumah
Teknologi Instalasi Gedung & Mesin Listrik
Teknologi Elektronika
Teknologi Perawatan & Tegangan Menengah
Telemetri
Kendali Proses Industri
Pembangkit
Transmisi
10 Tautan Web Teratas
  1. ARJUNA (5659)
  2. RistekDikti (2840)
  3. Bidikmisi (2743)
  4. PDPT RistekDikti (2573)
  5. SINTA (2386)
  6. PMDK (2146)
  7. BAN PT (2144)
  8. Portal PNL (2117)
  9. SIA (1624)
  10. UMPN (1331)
Kontak

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Gedung Jurusan Teknik Elektro,
Lantai 1, Ruang Sekjur
Jl. B. Aceh-Medan,KM 280,3
Buketrata, Lhokseumawe,
24311

Denah

Lihat Denah Gedung dan Ruang Kuliah Jurusan Teknik Elektro

Selamat Datang di Jurusan Teknik Elektro

Ketua Jurusan Teknik Elektro mewakili seluruh civitas akademika Jurusan Teknik Elektro mengucapkan selamat datang di laman Jurusan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro mulai dibuka pada tahun 1988 dengan Program Studinya pada waktu itu adalah Program Studi Teknik Listrik.  Seiring berjalannya waktu, hingga saat ini Jurusan Teknik Elektro sudah memiliki 6 Program Studi. Jenjang Diploma III terdiri dari 3 Program Studi : Program Studi Teknologi Listrik, Teknologi Telekomunikasi, Teknologi Elektronika, dan jenjang Diploma IV memiliki 3 Program Studi: Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi, dan Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi. Dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar, Jurusan Teknik Elektro saat ini didukung oleh 64 orang Dosen Tetap, dan sejumlah Dosen Tidak Tetap, serta 30 orang Tenaga Kependidikan. Selain itu juga, saat ini Jurusan Teknik Elektro dalam mendukung Proses Belajar Mengajar sudah memiliki 23 Laboratorium.



Yassir, S.T.,M.Eng.
Ketua Jurusan
Kuliah Umum Jurusan Teknik Elektro Tahun 2021
Berita

Kuliah Umum Jurusan Teknik Elektro
Politeknik Negeri Lhokseumawe

27 Oktober 2021

 

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) kembali mengadakan kuliah umum Teknik Elektro pada 27 Oktober 2021. Kuliah umum perdana yang diadakan pada Masa Pandemi Covid-19 ini mengangkat tema “Kesiapan Pendidikan Vokasi dalam Menghadapi Trend Mobil Listrik dan Teknologi 5G. Acara dibuka oleh Direktur PNL, Bapak Ir. Rizal Syahyadi, ST, M.Eng.Sc.

peserta KU

Gbambar 1. Peserta Kuliah Umum Jurusan Teknik ELektro Tahun 2021

Kuliah umum diadakan secara luring dan daring di aula Lantai III PNL dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Peserta yang mengikuti kuliah umum secara daring sekitar 210 orang, dan luring sekitar 230 orang. Seluruh peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen. Acara mulai dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, dengan moderator Ibu Dr. Nelly Safitri, M.Eng.Sc. dan Bapak Yassir, ST, M.Eng.Sc.

pemateri

Gambar 2. Bapak Fakhrul Razi menyampaikan materi Kuliah Umum (luring)

Pada acara hadir 3 pemateri, yaitu 1 pemateri luring, dan 2 pemateri daring. Pemateri luring yaitu Bapak Fakhrul Razi dari Medco E&P Indonesia Electrical Technician, serta pemateri daring yaitu Bapak Ricky Elson, Pembuat Mobil Listrik Selo, dan Ibu Susi Andriani, Senior Consultant at Telecommunication as a Bussiness Analyst & Project Manager CGI Germany Munchen. Bapak Fakhrul Razi dan Ibu Susi Andriani, keduanya adalah alumni dari PNL.

pemateri

Gambar 3. Tanya jawab salah seorang peserta dengan pemateri Bapak Ricky Elson

Dalam orasinya, bapak Fakhrul Razi menyampaikan tentang pentingnya Energi Baru Terbarukan. Sementara Bapak Rizky Elson menyampaikan tentang pentingnya mempersiapkan pendidikan vokasi dalam menyambut era kendaraan listrik. Adapun Ibu Susi Andriani menyampaikan tentang kesiapan pendidikan vokasi dalam menghadapi trend Teknologi 5G.

foto bersama

Gambar 4. Sesi Foto Bersama Dosen dengan Pemateri

btm-left.pngbtm-right.png
Kontes Robot Tahun 2021
Berita

Perjuangan Polyrobocom_04 dan Rambideuen_03
bertahan di peringkat 12 dalam KRI Wilayah 1 Tahun 2021


kontes robot

Lhokseumawe - Tim  Polyrobocom Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) mengikuti ajang kontes robot indonesia (KRI)  2021. Kegiatan yang berlangsung secara daring itu diadakan digedung serbaguna PNL jum'at dan Sabtu, (24-25/09/2021).

Dalam keteranganya Ketua panitia pelaksana KRI 2021 Fadhli mengatakan di ajang kali ini tim Polyrobocom PNL mengikuti 2 divisi yaitu Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) dan Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dengan nama team polyrobocom_04 dan Rambideuen_03.

"Persiapan kita mulai dari bulan April dengan memasukkan proposal ditingkat nasional, dan alhamdulillah kedua divisi yang kita ikuti lulus untuk mengikuti kontes ditingkat wilayah yang rencana diadakan pada bulan agustus karena satu dan lain hal digeser pada bulan september 2021," katanya.

Lebih lanjut Fadhli mengatakan secara nasional kita sudah mengikuti 5 tahun KRI dan yang kedua pada tahun 2018 kita mendapat peringkat ke 4 regional 1 sumatera, dan prestasi terbaik yang kita dapat pada tahun 2019 kita tim KRAI polyrobocom_2 PNL mendapat juara pertama ditingkat regional 1 sumatera dan kita mengikuti ajang nasional yang diadakan di semarang. Tim Polyrobocom berupaya akan mengikuti setiap tahun even KRI sebagai ajang prestasi bagi mahasiswa yang pada tahun ini selain mahasiswa dari Teknik Elektro juga menggandeng mahasiswa Jurusan TIK dari Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan.

kontes robot

Pada kontes KRI tahun ini tim polyrobocom_4 berhasil menduduki peringkat 12 dari seluruh peserta untuk wilayah 1, sementara tim Rambideun_03 untuk KRSRI menduduki peringkat 21.

“Koordinator Tim Pembina Polyrobocom Politeknik Negeri Lhokseumawe Salahuddin didampingi oleh Pembimbing yaitu Bakhtiar, Yusman dan Muhammad Nasir. Lebih lanjut Salahuddin mengatakan perjuangan dan semangat mahasiswa dalam kontes ini patut diapresiasi walaupun harus berhadapan dengan tim yang sudah berpengalaman seperti dari Universitas Indonesia, ITB, Unes, Undip dan Politeknik Batam yang merupakan tim terkuat di wilayah 1”.

“Dengan pencapaian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe mampu bersaing ditingkat wilayah maupun Nasional. Selanjutnya beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Politeknik Negeri Lhokseumawe yang telah memberikan dukungan moril maupun materil sehingga tim Polyrobocom_04 dan tim rambideuen_03 dapat mengikuti kontes KRI tahun 2021”.

kontes robot

Sementara itu Yassir selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro PNL mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu diikuti tim polyrobocom PNL 5 tahun berturut-turut sejak 2017 walaupun sejak tahun 2004 PNL sudah mengikuti kontes robot ini dan sempat vakum.

kontes robot

"Kegiatan ini merupakan kegiatan unggulan tadi Teknik Elektro tiap tahunnya," katanya

"Kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan juga bisa ditambah dengan kegiatan nasional yang lain yang bisa diikuti mahasiswa PNL," harap yassir. (Team Robotika PNL)

btm-left.pngbtm-right.png
FGD Jurusan Teknik Elektro Tahun 2021
Berita

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

SELASA, 21 SEPTEMBER 2021

 

Jurusan Teknik Elektro kembali melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada Selasa, 21 September 2021, di Ruang Rapat Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe. Kegiatan dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro, Bpk. Yassir, ST, M.Eng, beserta seluruh Ketua Prodi dan staf dosen di Jurusan Teknik Elektro.

Kegiatan ini menghadirkan tamu dari industri yang ada di Kota Lhokseumawe, antara lain Armiya Marzuki dari PT. PJB UBJOM PLTMG Arun, Munandar dari PT. CAA (Cahaya Arie Abadi), Muhammad Haiqal manager PLN UP3 Lhokseumawe, dan Dedy Haryadi Hasan Kepala Pusdiklat PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Latar belakang pelaksanaan kegiatan FGD ini adalah tuntutan Diksi agar kampus vokasi lebih menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang lebih intens, seperti dalam hal pelaksanaan magang mahasiswa dan dosen di industri, dan ekspertis industri yang mengajar di kampus PNL, dalam hal ini di Jurusan Teknik Elektro. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah kemungkinan kerjasama yang saling menguntungkan antara pihak DUDI, sehingga dapat melahirkan Memorandum of Agreement (MoA) yang menjelaskan point-point untuk kedua belah pihak, seperti diantaranya kesempatan magang dan PKL mahasiswa Jurusan Teknik Elektro di industri, serta kesempatan ekspertis industri mengajar di Jurusan Teknik Elektro PNL.

Target hasil dari kegiatan ini, yang berupa MoA, disambut baik oleh pihak industri. Seluruh tamu dari industri sangat menerima kerjasama ini dan menyarankan untuk segera menyiapkan draft MoA dalam waktu dekat, sehingga proses penandatanganan MoA dapat segera terlaksana.

fgd

btm-left.pngbtm-right.png
FGD Prodi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi Tahun 2021
Berita

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI REKAYASA JARINGAN TELEKOMUNIKASI
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

SENIN, 6 SEPTEMBER 2021

 

Program Studi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (PS TRJT) Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada 6 September 2021, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Direktur 2 PNL. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan dari hibah Program Pengembangan Sarjana Terapan Berbasis Industri (PPSTBI), dimana fokus diskusi membahas mengenai kurikulum merdeka belajar yang telah dikembangkan oleh PSTRJT.

Kegiatan FGD dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro, Bpk. Yassir, S.T.,M.Eng., beserta staf dosen dan Teknisi/PLP dari PSTRJT. Tamu dari industri yang diundang, untuk ikut membahas kurikulum adalah Bpk. Darmawan Damanik, Kakandatel PT. Telkom Lhokseumawe. Pembahasan Kurikulum diawali dengan penyampaian Perkembangan Teknologi Era Industri 4.0 yang disampaikan oleh Bpk. Darmawan Damanik.

Harapan dari terlaksananya kegiatan ini adalah masukan dari industri terhadap kurikulum merdeka belajar yang telah PSTRJT susun. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, maka akan terbentuk kurikulum PSTRJT yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Kakandatel PT. Telkom Lhokseumawe, Bpk. Darmawan Damanik, sedang menjelaskan perkembangan Teknologi di Era Industri 4.0

btm-left.pngbtm-right.png
Jadwal Kuliah Semester Ganjil TA 2021/2022
Jadwal Kuliah
btm-left.pngbtm-right.png
Jadwal Ujian Akhir Semester Genap 2020/2021
Jadwal UAS

JADWAL UJIAN AKHIR
SEMESTER GENAP 2020/2021
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

28 JUNI - 6 JULI 2021

 

JADWAL UJIAN AKHIR SEMESTER DAPAT DI DOWNLOAD DISINI.

btm-left.pngbtm-right.png
Pendaftaran Bakal Calon Ketua Jurusan Teknik Elektro PNL
Informasi

INFORMASI PENDAFTARAN
BAKAL CALON KETUA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

PERIODE 2021 - 2025

 

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe akan menggelar acara Pemilihan Ketua Jurusan Teknik Elektro Periode 2021-2025 pada 25 Maret 2021. Pendaftaran Bakal Calon Ketua Jurusan Teknik Elektro mulai 9-16 Maret 2021, Pukul 08.00 - 15.00 WIB, setiap Hari Kerja. Persyaratan Pengusulan Bakal Calon Ketua Jurusan adalah sebagai berikut:

  1. Surat Keterangan Dokter
  2. SK Jabatan yang pernah dijabat
  3. SKP 2 tahun terakhir
  4. SK Jabatan Fungsional Terakhir
  5. Surat Keterangan Aktif Mengajar dari Jurusan (Minimal Kehadiran 90%)
  6. SK Mengajar 2 semester terakhir
  7. Program Kerja
  8. Riwayat Hidup (Form disediakan panitia)
  9. Surat Pernyataan untuk Kriteria Calon Ketua Jurusan (Form disediakan panitia)
  10. Pas photo ukuran 3x4 2 lembar.

Informasi resmi dan dokumen penting dapat di-download pada link berikut:

  1. Pengumuman Resmi Bakal Calon Kajur dari Panitia Pemilihan Kajur Teknik Elektro (klik disini)
  2. Kriteria Bakal Calon Kajur (klik disini)
  3. Format Daftar Riwayat Hidup (klik disini)
  4. Formulir Pendaftaran (klik disini)
  5. Surat Pernyataan (klik disini)
  6. Kriteria dan Tata Tertib Pemilihan Kajur (klik disini)
btm-left.pngbtm-right.png
Info

SEMESTER GANJIL
2021/2022
DIMULAI

 6 SEPTEMBER 2021

 SELAMAT BELAJAR

Kalender
November 2021
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30
e-Jurnal
Jurnal Litek
Jurnal Tektro
Latsar CPNS

Lihat Dokumen

Klik Berkas
Form & Permohonan
Panduan PKL & TA
Pembimbing PA & PKL
Jadwal Seminar & Sidang
Jadwal Tes TOEFL
Wisuda
Kategori
Informasi
9 item
Berita
28 item
P P M
1 item
Bahan Ajar
1 item
Jadwal UAS
9 item
Nama MABA
2 item
Yudisium
5 item
Jadwal HER
2 item
Download Terbaru
Alokasi Penggunaan Laboratorium Semester Ganjil 2021/2022 Alokasi Penggunaan Lab...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTRIK Ganjil 2021/2022 Jadwal Kuliah PSTRIK G...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTRPE Ganjil 2021/2022 Jadwal Kuliah PSTRPE G...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTRJT Ganjil 2021/2022 Jadwal Kuliah PSTRJT G...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian
Jadwal Kuliah PSTE Ganjil 2021/2022 Jadwal Kuliah PSTE Gan...
Author: hanafi
Kategori: Jadwal Kuliah & Ujian